Monthly Archives: June 2013

Change drive letter Windows 7 from command prompt


I had got this issue from my fellow laptop,after I check suddenly the Windows drive letter change and make Windows can not boot normal state or safe mode. So I try using repair menu then login as administrator choose command prompt.

Example change drive letter H: to E:
1. Type diskpart in the command prompt
2. Type list volume when in diskpart mode to list all volume label in the computer.
3. Type select volume 3 when in diskpart mode to select the desired volume. Continue reading

Freeware Audacity untuk memanipulasi file berformat audio


Audacity adalah software untuk memanipulasi file audio yang berlisensi freeware, mudah digunakan, multilingual audio editor dan recorder yang bisa dijalankan di Sistem Operasi Windows, Mac OS X, GNU / Linux dan sistem operasi lainnya.

Anda dapat menggunakan Audacity untuk:
-Merekam live audio.
-Mengkonversi kaset dan catatan menjadi rekaman digital atau CD.
-Mengedit Ogg Vorbis, MP3, WAV atau AIFF file suara.
-Memotong, menyalin, sambatan atau campuran suara bersama-sama.
-Mengubah kecepatan atau pitch rekaman.
-Dan banyak lagi!

Continue reading

Install software UPCMC untuk konfigurasi PABX Panasonic


Singkat cerita karena capek ketergantungan sama vendor PABX yang selalu susah untuk dimintai support meskipun telah membayar biaya maintenance tahunan,akhirnya saya mencoba install sendiri software UPCMC untuk keeprluan edit-edit sederhana settingan di PABX Panasonic TDE600 kantor,seperti menukar extension atau menambahkan incoming extension distribution grup.

Referensi petunjuk dan installer UPCMC saya membaca dari web ini: http://suryawardana.com/pabx/software-program-untuk-pabx-panasonic-tda-series/ (Spesial thanks buat Kang Dedi penulis artikel)

Program ini bisa dikatakan program sapu jagad Panasonic TDA, karena dengan software ini bisa memprogram banyak type dan seri pabx Panasonic TDA/TDE series baik type baru atau yang lama tanpa harus pindah program.

Continue reading

Cara Membayar Pajak Motor Tahunan di Samsat PGC


Kemarin hari Sabtu,16/6/2013 saya mencoba sendiri untuk membayar pajak sepeda motor di Pusat Grosir Cililitan(PGC) Jakarta Timur. Gerai Samsat PGC tersebut untuk hari Sabtu buka jam 8.00-12.00 dan berlokasi di lantai A(paling atas/diatap PGC), kalau naik mobil bisa langsung bawa mobilnya dan parkir diatas karena saya lihat beberapa mobil datang parkir diatas untuk keperluan membayar pajak. Saya kesana naik sepeda motor,sampai PGC sekitar jam 9.00 dan langsung parkir motor di parkiran motor di Basement. Karena pusat perbelanjaan PGC belum buka,saya bertanya kepada petugas kebersihan cara naik ke atas yaitu lewat tangga darurat 1x dan naik lift barang sampai lantai A, lokasi gerai Samsatnya dipojokan, kantornya bersih dan lumayan dingin ber-AC.

Sebaiknya untuk menghemat waktu dan biaya pada saat membayar pajak persiapkan berkas dan jangan lupa membawa pulpen sendiri. Berkas-berkas yang perlu disiapkan adalah berikut:
1. BPKB asli + 1 fotokopi BPKB
2. STNK asli + 1 fotokopi STNK
3. KTP atas nama sendiri + 1 fotokopi KTP

Continue reading

Memilih Mainan Anak 1 Tahun


ilustrasi_anak_bermain

ilustrasi_anak_bermain

Bermain adalah kegiatan yang banyak dilakukan balita. Pilihkan mainan anak 1 tahun yang sesuai agar proses bermain dapat membantu perkembangan fisik dan mentalnya.

Bermain adalah kegiatan yang penting untuk anak. Bermain bukan hanya berguna untuk mengisi waktu anak-anak, namun juga melatih dan membantu perkembangan fisik dan mental anak. Kita dapat memilihkan mainan yang sesuai dengan umur anak, karena pada setiap tahapan umur, anak selalu mempelajari sesuatu yang baru. Mainan anak 1 tahun dapat ditemui dengan mudah, namun pilihlah yang paling sesuai.

Perilaku anak 1 tahun

Beberapa perilaku yang umum untuk anak berusia 1 tahun adalah :

  • Ia sudah dapat mengerti apa yang kita ucapkan.
  • Seringkali, ia meniru apa yang dilakukan orang tuanya, misalnya berpura-pura menelepon.
  • Rasa keingintahuannya sangat tinggi, sehingga selalu berpindah-pindah dari mainan yang satu ke mainan yang lainnya. Itu sebabnya kita sering jumpai orang tua sering kali membelikan berbagai macam mainan anak 1 tahun.
  • Ia sudah dapat mengantisipasi apa yang kita lakukan, misalnya bila kita bersiap untuk memakaikan jaket, ia dapat mengulurkan tangannya untuk dipakaikan jaket.
  • Ia akan bersuara atau menggumamkan kata-kata dalam bahasa yang ia tahu.
  • Ia mulai mengkekspresikan perasaan seperti memeluk, mencium, menepuk, dan tersenyum

Continue reading