Cara Membayar Pajak Motor Tahunan di Samsat PGC


Kemarin hari Sabtu,16/6/2013 saya mencoba sendiri untuk membayar pajak sepeda motor di Pusat Grosir Cililitan(PGC) Jakarta Timur. Gerai Samsat PGC tersebut untuk hari Sabtu buka jam 8.00-12.00 dan berlokasi di lantai A(paling atas/diatap PGC), kalau naik mobil bisa langsung bawa mobilnya dan parkir diatas karena saya lihat beberapa mobil datang parkir diatas untuk keperluan membayar pajak. Saya kesana naik sepeda motor,sampai PGC sekitar jam 9.00 dan langsung parkir motor di parkiran motor di Basement. Karena pusat perbelanjaan PGC belum buka,saya bertanya kepada petugas kebersihan cara naik ke atas yaitu lewat tangga darurat 1x dan naik lift barang sampai lantai A, lokasi gerai Samsatnya dipojokan, kantornya bersih dan lumayan dingin ber-AC.

Sebaiknya untuk menghemat waktu dan biaya pada saat membayar pajak persiapkan berkas dan jangan lupa membawa pulpen sendiri. Berkas-berkas yang perlu disiapkan adalah berikut:
1. BPKB asli + 1 fotokopi BPKB
2. STNK asli + 1 fotokopi STNK
3. KTP atas nama sendiri + 1 fotokopi KTP


Tadinya saya bingung alurnya tapi kebetulan ada salah seorang pengunjung yang juga selesai bayar pajak yang berbaik hati memberikan petunjuk. Alurnya bayar pajaknya seperti berikut:
1. Minta formulir ke petugas di loket formulir,di loket ini juga menerima jasa fotokopi jika lupa fotokopi berkas-berkas yang diperlukan.
2. Isi formulir sesuai contoh(ada contoh formulir yang sudah diisi ditempel ditembok),isinya persis seperti di STNK deh,nomor polisi,pemilik,tahun pembuatan dsb..
3. Kumpulkan formulir beserta berkas-berkas BPKB asli+1 fotokopi,STNK asli+1 fotokopi,KTP atas nama sendiri+1 fotokopi. Setelah dicek sama petugas loket BPKB dan KTP asli dikembalikan dan disuruh antri menunggu untuk dipanggil.
4. Kemudian dipanggil dikasih struk pajak jumlah uang yang harus dibayarkan,kemudian antri membayar di loket pembayaran,setelah membayar di struk tsb. ada stempel lunas gitu kemudian antri menunggu dipanggil lagi.
5. Ini langkah terakhir, kemudian dipanggil lagi untuk menukar struk dengan faktur pajak asli beserta STNK agan,dapet plastik tempat STNK dan kertas Jasa Raharja gitu.
6. Selesai.

Poin plusnya:
-Pelayanannya lumayan cepat 15-25 menit sudah kelar semua langkah-langkah diatas.
-Kantor bersih,ber-AC,didalam ada ATM Bersama Bank DKI
-So far tidak ada calo,cuma ada penjual pena..

Poin minusnya:
-Tidak ada petunjuk/spanduk/banner alur pembayaran orang awam jadi bingung
-Ketika saya membayar di kasir uang kembalian tidak dikembalikan dengan utuh,pajak motor saya 232.500 saya kasih uang 250.000 cuma dikembalikan 15.000 yang 2.500 gak dikembalikan, biarin dah saya gak mau ambil pusing langsung ngloyor aja pulang, cuma dalam hati saya tetep gak ikhlas aja biar Yang Kuasa yang membalas..hehehe. Semoga ke depannya oknum-oknum seperti itu sadar dan kapok berbuat curang..

Sekian share dari saya.Wassalam

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *